Tuesday, July 24, 2007

Study on the Architecture of Zen Buddhist Temples Bracket Complexes (kumimono)

Antariksa
Department of Architecture
Faculty of Engineering Brawijaya University
E-mail: antariksa@brawijaya.ac.id


Abstrak

Style baru yang masuk dari China, yang diberi nama Karayô (Chinese style) atau Zenshuyô (Zen style), mempunyai kedudukan yang sangat penting, tidak hanya pada masa Kamakura (1182~1333), akan tetapi, juga dalam keberhasilannya pada perkembangan arsitektur di Jepang pada waktu itu.
Sistem dari arsitektur bracket complex dari kuil-kuil sekte Zen ini, mempunyai keunikan tersendiri, dengan bentuk yang sangat sederhana tertata dibagian bawah atap. Skala dari bracket complex ini menjadi lebih kecil dan rumit dengan susunan yang berlipat-lipat ditata dalam sebuah space diletakkan di atas pilar-pilar.
Studi ini dimuali dengan mengumpulkan bahan-bahan yang didasarkan pada catatan-catatan sejarah, studi lapangan dan juga menggunakan beberapa referensi dari hasil penelitian. Kemudian dilanjutkan dengan pembahasan mengenai beberapa tipe arsitektur bracket complex dari kuil-kuil sekte Zen.
Arsitektur bracket complex dari Zen style ini mempunyai perbedaan bila dibandingkan dengan Japanese style (Wayô), baik dari susunan penataan maupun detailnya. Di samping itu, beberapa kuil dari sekte Zen telah menggunakan kedua style tersebut.

Abstract

The new Chinese style called Karayô had the most important position, not only in the Kamakura period (1182~1333) but also in the succeeding development of Japanese architecture. At the beginning this style developed independently with the erection of many temple of the Zen sect.
The bracketing complex system is quite unique, with plain brackets under the eaves of the lower roof and very complex brackets in the space between the upper and the lower roof. Bracket complexes became smaller in scale and more crowed by duplication of the bracket complexes within the space supported by pillars.
This study discuss about the various types of bracket complexes architecture of the Zen Buddhist temples.


Antariksa, 2001, Study on The Architecture of Zen Buddhist Temples Bracket Complexes (kumimono), Jurnal TEKNOLOGI (Journal of Technology) Fakultas Teknik Universitas Indonesia, Edisi No. 1, tahun XV Maret, hlm. 85-95. ISSN: 0215-1685.