Wednesday, July 18, 2007

STUDI PELESTARIAN KAWASAN WISATA BUDAYA DI DUSUN SADE KABUPATEN LOMBOK TENGAH

Rini Krisna
Alumni Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota Fakultas Teknik Universitas Brawijaya
Jl. Mayjen Haryono 167, Malang 65145

Antariksa
Jurusan Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Brawijaya, Malang
Jl. Mayjen Haryono 167, Malang 65145
Telp. (0341) 567486; Fax. (0341) 567486
E-mail: antariksa@brawijaya.ac.id

Ismu Rini Dwi Ari
Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota Fakultas Teknik Universitas Brawijaya
Jl. Mayjen Haryono 167, Malang 65145



Abstraksi
Dusun Sade merupakan salah satu permukiman tradisional di Pulau Lombok yang dihuni oleh suku Sasak. Dusun ini memiliki karakteristik khas yang dibentuk oleh pola permukiman dan bangunan tradisionalnya serta beberapa tradisi masyarakatnya yang masih berlangsung hingga kini.
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi karakteristik kawasan serta permasalahan yang dihadapi dalam pelaksanaan pelestarian di Dusun Sade. Dengan menggunakan metode penelitian deskriptif dan eksploratif, diperoleh hasil bahwa pola permukiman dan bangunan serta tradisi masyarakat di Dusun Sade banyak dipengaruhi oleh kepercayaan yang pernah berkembang di Pulau Lombok, yaitu Islam Waktu Telu, sedangkan upaya pelestarian mengalami hambatan karena adanya perbedaan persepsi dan kepentingan di antara masyarakat penghuni kawasan.

Kata kunci : permukiman tradiosinal, budaya, pelestarian kawasan.


Rini Krisna, Antariksa, Ismu Rini Dwi Ari, 2005. Studi Pelestarian Kawasan Wisata Budaya di Dusun Sade Kabupaten Lombok Tengah, Jurnal PlanNIT Jurusan Planologi Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, Institut Teknologi Nasional, Volume 3 No. 2 Desember, hlm. 124-133. ISSN: 1412-1347.

No comments: